Selamat datang di sonoku.com

Akses Remote Desktop pada Raspberry Pi

raspberry_desktop_4

Selain akses Raspberry Pi dengan mode shell dengan PC/Laptop, desktop Raspberry Pi juga bisa diakses secara remote melalui PC/Laptop. Umumnya Raspberry Pi dengan OS Debian sudah terinstal LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment), sebuah tampilan desktop alternatif (selain GNOME, KDE, dll) yang sangat ringan dan menarik, tentunya cocok untuk komputer dengan kecepatan atau RAM yang rendah. Dengan menggunakan mode desktop, organisasi file, menjalankan aplikasi, atau main game akan menjadi mudah dan lebih interaktif, karena tidak perlu mengetik perintah-perintah seperti jika kita menjalankan Raspberry Pi pada mode shell (console). Ikuti langkah berikut:

  1. Untuk bisa mengakses Raspberry Pi dengan lingkungan desktop pada Laptop (Windows) saya lebih suka menggunakan MobaXterm. Untuk akses melalui PuTTY akan dibahas pada artikel berikutnya 😉 . Download dan instal programnya pada Laptop anda.
  2. Pada menu MobaXterm pilih Session – New Session, kemudian klik tab SSH.
  3. Isikan alamat IP Raspberry Pi pada kolom Remote Host. Pada kolom Specify Username isikan username untuk login Raspberry Pi (default: pi) atau boleh dikosongkan dulu. Port isikan 22.
  4. Kemudian aktifkan tab Advance SSH Setting. Centang X11 Forwarding (ini untuk memfordward tampilan dekstop Raspberry Pi). Centang Compression, dan pilih LXDE Desktop untuk pilihan Desktop environment. Klik OK.
    raspberry_desktop_setting
  5. Pada Session explorer akan muncul Session baru dengan nama alamat IP yang kita masukkan tadi. Klik dua kali untuk mengaktifkannya. Masukkan username dan password untuk login ke Raspberry Pi jika diminta.raspberry_desktop
  6. Tunggu sesaat dan akhirnya tampilan desktop Raspberry Pi muncul, silakan diutak-atik…

raspberry_desktop_4

 

Comments

comments

Leave a Reply