Selamat datang di sonoku.com

Apa itu file .INI?

File .INI (file dengan ekstensi .INI) adalah file teks berisi konfigurasi sebuah aplikasi berbasis sistem operasi Windows yang digunakan untuk menyimpan sebuah konfigurasi sebuah aplikasi. Sebenarnya Windows merekomendasikan penggunaan registry untuk menyimpan setting/konfigurasi sebuah aplikasi program, namun penggunaan file .INI dirasa lebih cepat dan mudah untuk diakses. Kata “INI” berasal dari “Initialization” atau inisialisasi. Dengan demikian file INI akan diakses awal ketika sebuah aplikasi dijalankan, namun tidak menutup kemungkinan file diakses atau dimanipulasi pada saat aplikasi berjalan.

Format File INI

File INI memiliki struktur/format seperti berikut:

Setiap file INI terdiri dari satu atau lebih Section, tiap Section terdiri dari satu atau lebih Key yang memiliki nilai (Value). SectionName ditulis dalam sebuah tanda kurung “[” dan “]” dan berdiri sendiri dalam satu baris. Sifat tulisan pada SectionName adalah Case-Sensitive jadi besar kecil huruf penting dan tidak boleh ada spasi. KeyName diikuti tanda “=” dan sebuah nilai (Value), juga ditulis dalam satu baris. Value bisa berupa data dengan tipe integer, string, atau boolean. Sebuah komentar (Comment) diawali dengan tanda “;”.

Contoh isi File INI

Berikut adalah contoh file INI yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah port serial RS232 dan alamat database.  Jika diperhatikan pada section Database,  file INI digunakan untuk menyimpan sebuah Connection String untuk koneksi database, dan juga untuk menyimpan username dan password yang digunakan untuk mengakses sebuah aplikasi. Jika diperlukan sebuah value dapat di-enkripsi untuk keamanan.

[/crayon]

 

Comments

comments

Leave a Reply