Selamat datang di sonoku.com

CorelDraw: Membuat logo RSS Feed dengan efek glossy

Hello, jumpa lagi. Ingin membuat logo RSS feed dengan efek glossy seperti pada gambar berikut? Coba ikuti langkah mudahnya berikut.

1. Buka CorelDraw (saya gunakan CorelDraw X3), kemudian buat lembar kerja baru. Sebelum melangkah ke berikutnya kita atur dulu preferensi opsi berikut. Dari menu utama pilih Tools > Options

.

2. Baik kita mulai dengan membuat persegi panjang, pilih rectangle (F6) dan set ukurannya menjadi 140×200 px

3. Kemudian buat round corner dengan nilai roundness 20.

4. Buat segitiga dengan memilih Polygon Tools (Y), kemudian susun segitiga tersebut dan atur lebarnya hingga tampak seperti berikut.

5. Setelah tersusun seperti tanda panah, select dua bangun tersebut kemudian pada menu utam pilih Arrange > Shaping > Weld dan beri Fill warna hijau, sehingga vektor akan menjadi seperti berikut.

6. Buat lingkaran dengan diameter=190px (sambil menekan tombol Ctrl), kemudian pilih Arc dan atur nilai Ending Angles menjadi 90 derajat. Hasilnya akan menjadi seperempat lingkaran. Lakukan hal yang sama untuk lingkaran kedua dengan dimeter = 128px, masing lingkaran memiliki lebar outline sebesar 4 pt. Untuk lingkaran yang tengah dapat dibuat dengan lingkaran diameter 43px. Susun ketiga lingkaran tersebut seperti berikut. Beri warna lingkaran ini dengan warna putih (dalam contoh dibuat abu-abu agar kelihatan J ), dan jangan lupa untuk di Grouping.

7. Selanjutnya meletakkan logo ini kedalam container vektor panah tadi dengan terlebih dulu men-seleksi kemudian pilih Effects > PowerClip > Place Inside Container… Tekan Ctrl kemudian klik gambar panah tadi dan atur lagi letak dan ukuran logo RSS seperti berikut.

8. Untuk memberi efek glossy lakukan langkah berikut. Buat elips, sesuaikan letak dan ukurannya sesuai kebutuhan, fill warna abu-abu (10% Black), kemudian beri efek transparan seperti berikut.

9. Untuk memberikan efek “menancap” ikuti langkahnya berikut. Putar vektor panah searah jarum jam sekitar 45 derajat, kemudian buat persegi panjang letakkan diatas panah. Seleksi kedua vektor tersebut kemudian pada main menu pilih Arrange > Shaping > Back Minus Front 

hasilnya akan tampak seperti berikut.

10. Selanjutnya kita tambahkan efek “bayangan”-nya, namun sebelumnya lakukan langkah sebagai berikut. Buat persegi panjang, atur letaknya seperti pada gambar, dan beri effek transparan. Perhatikan bagian bawah persegi panjang harus tanpak lebih gelap, karena nantinya kita akan memberikan efek gelap pada bagian bawah panah. Setelah itu masukkan kedalam container vektor panah (langkahnya seperti no.7). Hasilnya seperti gambar berikut.

11. Kemudian kita tambahkan bayangannya dengan Interactive Drop Shadow Tool, perhatikan arah peletakannya pada gambar berikut agar bayangan tampak bagus. Kemudian atur properti Drop Shadow –nya seperti pada gambar berikut

12. Jika ingin menambahkan efek gembung, anda bisa tambahkan pada ujung kiri atasbadan panah. Bentuklah kurava seperti “bumerang  ” pada sudut ujung kiri atas badan logo panah menggunakan Free Hand Tool (F5), kemudian rapikan bentuknya menggunakan Shape Tool (F10). Setelah itu berilah warna grey, dan berikan efek transparan menggunakan Interactive Transparency Tool. Dan sebagai langkah akhir masukkan pada container panah dengan PowerClip.
13. Akhirnya selesai sudah Logo RSS Feed-nya, selanjutnya bisa anda pasang di website masing-masing.

4 thoughts on “CorelDraw: Membuat logo RSS Feed dengan efek glossy

Leave a Reply