Selamat datang di sonoku.com

Komunikasi Bluetooth HC-05 dan Arduino dengan PC atau Laptop

Artikel ini membahas komunikasi bluetooth antara Arduino dengan PC/Laptop. Pada PC/Laptop pada umumnya sudah terdapat perangkat bluetooth yang tertanam (embedded). Namun jika belum ada, kita juga bisa menambahkan bluetooth dongle agar bisa berkomunikasi dengan perangkat bluetooth lainnya. Sedang pada umumnya papan Arduino tidak dilengkapi dengan perangkat bluetooth, untuk itu perlu ditambahkan perangkat bluetooth yang kompatibel dengan Arduino. Kali ini kita akan gunakan modul Bluetooth HC-05 dengan penampakan seperti berikut.

hc05

Oke, selanjutnya kita coba komunikasi bluetooth antara laptop dan arduino untuk menyalakan lampu LED pada pin 13 pada Arduino UNO. Untuk wiring diagram Arduino dapat dilihat pada gambar berikut (klik untuk memperbesar):

arduino_hc05Pin TXD pada HC-05 dihubungkan ke pin digital 8 pada Arduino, sedangkan pin RXD pada HC-05 dihubungkan pada pin digital 9 pada Arduino. Sumber daya HC-05 sebesar 5V diambilkan dari pin 5V dan GND di Arduino.

Sketch program Arduino untuk percobaan ini sebagai berikut:

Karena kita menggunakan pin digital sebagai pin komunikasi serial, maka perlu ditambahkan library SoftwareSerial. Kemudian deklarasikan pin 8 dan 9 sebagai port serial, dan pin 13 sebagai output LED. Dalam gambar skema tidak disertakan komponen LED karena LED yang digunakan sudah terdapat di board Arduino. Program ini akan membaca data yang dikirmkan laptop melalui bluetooth kemudian disimpan pada variable BluetoothData. Kemudian dicek apakah data tersebut berupa karakter “1” atau “0”. Jika karakter yang diterima “1” maka LED akan dinyalakan, dan Arduino akan mengirimkan data kembali ke laptop sebagai tanda bahwa data diterima dan LED telah menyala. Demikian sebaliknya jika karakter yang diterima adalah “0”, maka LED akan padam.

Proses Pairing pada Laptop/PC

Setelah sketch diupload ke Arduino dan dinyalakan, lampu indikator pada modul bluetooth akan menyala berkedip cepat. Ini menandakan module sedang mencara perangkat bluetooth lain disekitarnya. Untuk dapat berkomunikasi dengan laptop, maka perangkat bluetooth yang ada pada laptop harus aktif dan dapat dicari (discoverable). Selanjutnya adalah menambahkanperangkat  bluetooth HC-05 yang terpasang pada Arduino ke daftar perangkat di laptop. Caranya bervariasi tergantung dari OS (Operating System) pada laptop, intinya adalah bagaimana bluetooth HC-05 bisa dikenali dan di-pair dengan laptop. Jika laptop anda menggunakan Windows 10, anda bisa ikuti langkah berikut untuk menambahkan bluetooth HC-05 pada laptop.

  1. Tekan tanda Windows pada keyboard, pilih Settings > Devices > Bluetooth & other devices. Kemudian nyalakan bluetoothnya (ON).Setting1
  2. Klik Add Bluetooth or other device, kemudian klik Bluetooth.Setting2
  3. Tunggu hingga muncul HC-05 pada daftar, lalu klik pada HC-05 untuk memulai pairing. Jika diminta untuk memasukkan key, masukkan 1234 (key default milik HC-05), dan proses pairing selesai. Pada tahap ini lampu indikator module HC-05 akan berkedip lambat.

Setelah proses pairing selesai, artinya kita punya port serial yang terkoneksi dengan bluetooth. Perangkat ini kita bisa lihat di Device Manager. Selanjutnya kita bisa mulai komunikasi dengan bluetooth menggunakan software komunikasi serial favorit anda.Setting3

Uji Coba Komunikasi Bluetooth

Untuk uji coba komunikasi, saya menggunakan software Putty. Untuk konfigurasi serial isikan nama port serial sesuai port yang terdetaksi pada Device Manager tadi. Baudrate (Speed) disesuaikan ke 9600.

putty1Jika koneksi berhasil, pertama akan muncul pesan ‘Bluetooth Ready‘. Setelah itu cobalah untuk mengirimkan karakter angka 1 dan perhatikan lampu LED pada Arduino harusnya menyala. Demikian juga jika kita kirimkan karakter angka 0 maka LED akan mati.

putty2

Comments

comments

Leave a Reply