Selamat datang di sonoku.com

Memprogram Arduino dengan NetBeans IDE

netbeans_arduino_5

Jika sudah berkenaan dengan pemrograman berbasis objek (OOP), peran IDE (Integrated Development Environment) menjadi sangat penting. Meski sebenarnya program arduino bisa ditulis dengan text editor yang paling sederhana seperti notepad, namun kebutuhan organisasi program terkait penggunaan library, class, kompilasi dan sebagainya akan menjadi sangat rumit. Sebelumnya saya menggunakan IDE Arduino untuk memprogram Arduino saya, beberapa kesulitan saya temui misalnya pertama soal case sensitive code. Penulisan kode program Arduino hurufnya (besar kecilnya) harus sama dengan deklarasinya. Kemudian, saya tidak dapat mengetahui dengan mudah event, method dari sebuah objek program. Dengan kata lain tidak ada autocomplete code, code assistance, atau intelisense (istilah di Visual Studio) yang memudahkan saya menemukan sebuah fungsi atau objek. Di IDE Arduino saya juga tidak dapat mengeksplor file library (header, cpp) seandainya ada yang ingin di-edit. Dengan demikian memprogram seperti main tebak-tebakan, menghafal dan bolak balik lihat help :)

Ok, sebenarnya idenya adalah mengintegrasikan file compiler arduino ke NetBeans, dengan demikian kita bisa memanfaatkan salah satu fitur pentingnya yaitu code assistance. Kita mulai saja instalnya..

Instalasi Arduino Plugin

Langkah 1: Instal NetBeans. Saya gunakan versi 8.1. Bisa diunduh disini.

Langkah 2: Instal Arduino di drive C. Perhatikan bahwa untuk kemudahan tempatkan Arduino di folder dengan nama tanpa spasi, misal: C:\Adruino-1.6.9. Jangan tempatkan di C:\Program File\. Pada kasus saya, saya install dengan nama folder C:\Arduino.

Langkah 3: Unduh dan instal GNU Make for Windows disini http://gnuwin32.sourceforge.net/packages/make.html. Kali ini saya install di C:\Program Files\

Langkah 4: Buka Control Panel ->System and Security -> System -> Advanced System Settings. Klik Environment Variables. Pilih PATH kemudian klik Edit. Masukkan alamat direktori berikut ke dalam Variable Value.

C:\Arduino\hardware\tools\avr\bin; C:\Program Files\GnuWin32\bin;

Langkah 5: Lanjutkan untuk setting build tools di NetBeans. Buka NetBeans, pilih Tools -> Options -> C++. Pada tab Build Tools, pilih Add. Kemudian isikan form yang muncul seperti pada gambar berikut. Klik OK.

Langkah 6: Lengkapi compiler path dengan data seperti gambar berikut. Klik tombol kemudian arahkan ke folder compiler yang sudah kita instal tadi. Jangan lupa setelah memasukkan alamatnya, aktifkan tool ini sebagai default dengan klik tombol Default.

Langkah 7: Beralihlah ke tab Code Asistance. Bagian inilah yang nantinya sangat membantu kita dalam menulis program nanti. Pilih Arduino pada Tool Collection, kemudian pilih tab C++ Compiler. Tambahkan semua path core, pin, dan library dari Arduino. Jika path yang dimasukkan benar, maka code asistance (autocomplete) akan muncul saat kita menulis program nanti.

Langkah 8: Unduh Arduino plugin di http://plugins.netbeans.org/plugin/46054/arduino, kemudian instal. Pada NetBeans pilih Tools -> Plugins, pilih tab Downloaded kemudian klik Add Plugins. Tambahkan file .nbm yang kita unduh tadi.

Sampai langkah ini, kita telah selesai menginstal plugin Arduino.

Membuat proyek Arduino baru

Langkah 1: Pada NetBeans pilih File -> New Project.

Langkah 2: Selanjutnya untuk keperluan memprogram Arduino (Upload), kita perlu edit file Makefile yang tersimpan di folder Important Files pada project kita.

a. COM_PORT

Sesuaikan port serial dimana modul Arduino terpasang.

b.BAUD_RATE

Sesuaikan dengan baud rate arduino yang terpasang. Setiap model arduino bisa jadi memiliki baud rate unggah yang berbeda, untuk mengeceknya anda bisa buka file C:\Arduino\hardware\arduino\avr\boards.txt. Cari properti Tipe_arduinoxxx.upload.speed, sesuaikan dengan modul arduino yang anda pakai.

c. ARDUINO_BASE_DIR

Sesuaikan dengan dimana anda menginstal arduino.

c. INCLUDE_LIBS

Tambahkan semua path library yang anda pakai disini. Berikut adalah contohnya, anda bisa copy-paste, tentu saja dengan penyesuaian.

../hardware/arduino/avr/libraries/Wire/src;../hardware/arduino/avr/libraries/SoftwareSerial/src;../hardware/arduino/avr/libraries/HID/src;../hardware/arduino/avr/libraries/SoftwareSerial/src;../hardware/arduino/avr/libraries/SPI/src;../hardware/arduino/avr/libraries/EEPROMl/src;

Langkah 3: Tulis programnya, kemudian jalankan dengan klik tanda panah hijau atau tekan F6. Selesai.

Comments

comments

Leave a Reply