Selamat datang di sonoku.com

SL01 – Bel Cerdas Cermat Elektronik Modern

Anda penguna kit SL01? Sebuah kit elektronik yang membantu anda untuk mewujudkan sebuah sistem pertandingan cerdas cermat yang modern berbasis komputer. Dengan kit/modul SL01 dari Sonotechno, anda dapat membuat sistem cerdas cermat hingga 10 peserta dalam 1 modul. Modul ini dilengkapi dengan indikator “urutan” pemencet bel, jadi bukan sekedar “siapa yang tercepat”.

Modul SL01 merupakan modul bel cerdas cermat elektronik menggunakan teknologi mikrokontroler dan PC/komputer sebagai pengendalinya, jadi sangat mudah dikendalikan oleh siapa saja. Modul SL01 dihubungkan dengan PC menggunakan kabel RS232 pada port serial yang terletak pada bagian belakan PC.  Sebagai tampilan urutan penekan tombol dan suara bel, digunakan bantuan PC lengkap dengan soundcard dan port serial. Untuk tampilan bisa digunakan layar monitor ataupun bisa diteruskan ke sebuah LCD proyektor sehingga tampak lebih besar. Sedangkan suara bel dapat diambil socket keluaran soundcard yang terhubung pada sebuah amplifier. Untuk acara kuis ataupun cerdas cermat sekarang perangkat-perangkat seperti audio amplifier ataupun LCD proyektor kebanyakan sudah menjadi perangkat wajib. Konfigurasi modul SL01 dan perangkat lainnya dapat dilihat pada gambar berikut.

Biasanya ada babak dalam suatu kuis dimana peserta akan diberikan pertanyaan, dan bagi peserta yang menekan tombol bel paling cepat, dialah yang berhak untuk menjawab terlebih dahulu. Jika jawaban dari peserta pertama salah maka pertanyaan akan dilempar kepada peserta lain. Pada modul elektronik cerdas cermat konvensional, ketika salah satu peserta memencet bel, tombol yang lain akan dinonaktifkan sehingga peserta lain tidak dapat memencet bel. Dengan demikian dapat diketahui secara langsung peserta mana yang menekan tombol bel tercepat. Namun ada kelemahan dalam sistem seperti ini. Misalnya ada 3 peserta dalam kuis, dan ketika pertanyaan telah diajukan pembawa acara/MC dan peserta penekan tombol tercepat telah menjawab dan salah, maka pertanyaan ini akan diberikan kepada 2 peserta lain, tapi tentu saja akan untuk mengetahui siapa yang tercepat dilakukan dengan lomba menekan tombol lagi. Atau jika tidak maka MC harus menyiapkan pertanyaan ekstra. Dengan SL01 hal ini tidak akan terjadi karena semua peserta yang menekan bel pasti akan tercatat sesuai urutannya. Jika pertanyaan tidak terjawab oleh peserta pertama, dengan mudah pertanyaan diberikan kepada peserta kedua, ketiga dan seterusnya tanpa menekan tombol lagi. Selain itu dengan modul SL01 MC tidak perlu menghafal nama peserta, cukup membaca tampilan yang ada pada layar komputer atau proyektor.

Comments

comments

6 thoughts on “SL01 – Bel Cerdas Cermat Elektronik Modern

  1. Untuk satu paket bel untuk cerdas cermatnya sekarang harganya berapa ya, dan alat yg didapatkan apa saja?.
    Dan apakah petunjuk pemasangan itu sudah user friendly?.
    Terimakasih banyak sebelumnya.

  2. saya tertarik dengan modul kontrolernya, kalo beli modulnya saja berapa? apakah modul itu bisa di gunakan pada semua PC ato harus instal progam dulu?

    • Admin

      Maaf pak, kami tidak menjual SL01 secara terpisah, harga perpaket silakan cek di http://sonoku.com/product/sonotechno/
      Modul dapat digunakan pada PC yang memiliki port serial, berkerja baik di windows XP. Bisa juga bekerja di Laptop (USB) tapi memerlukan PG01-kabel konverter RS232 to USB, cek disini. Sebelumnya PC harus diinstall program BelCC, termasuk didalam pembelian paket atau bisa didownload gratis di sini. Terima kasih

Leave a Reply