Selamat datang di sonoku.com

Membangun Webserver dengan Lighttpd pada Beaglebone Black

Tutorial ini menjelaskan langkah instalasi webserver pada Beaglebone Black (BBB) dengan OS Debian menggunakan Lighttpd dilengkapi dengan MySQL dan support PHP5. Lighttpd adalah sebuah aplikasi web server yang bekerja pada sistem operasi UNIX/Linux dan Windows. Ada yang menyebutnya dengan Lighty. Aplikasi ini bisa dikatakan sebagai alternatif dari Apache. Lighttpd sangat cocok untuk anda yang menginginkan web server yang aman dan cepat. Untuk info lebih lanjut mengenai Lighttpd silakan merujuk ke www.lighttpd.net.

Pada tutorial ini menggunakan Beaglebone Black dengan OS Linux Debian. Alamat IP yang digunakan 192.168.7.2, beberapa perintah ataupun setting mungkin berbeda, sesuaikan kembali dengan device yang anda gunakan.

Sebelumnya menginstal, kita perlu menghentikan beberapa service yang telah berjalan di BBB agar tidak terjadi konflik dengan service Lighttpd. BBB menggunakan systemd untuk mengatur jalannya service, untuk menghentikannya jalankan perintah berikut.

systemctl disable cloud9.service
systemctl disable gateone.service
systemctl disable bonescript.service
systemctl disable bonescript.socket
systemctl disable bonescript-autorun.service
systemctl disable avahi-daemon.service
systemctl disable gdm.service
systemctl disable mpd.service

setelah selesai, reboot BBB.

Selanjutnya update paket repository dahulu dengan menjalankan perintah berikut. Untuk melakukan ini BBB perlu terkoneksi dengan internet. Cek artikel ini untuk cara koneksinya.

apt-get update
apt-get upgrade

install_lighttpd_1

Setelah proses update selesai, selanjutnya mulai menginstal Lighttpd. Lighttpd sudah termasuk dalam paket OS Debian Linux, untuk itu untuk menginstall nya kita bisa langsung ketikkan perlintah berikut.

apt-get install lighttpd

install_lighttpd_2

sampai langkah ini anda bisa langsung coba akses webserver menggunakan browser di  alamat http://[your-ip-address]:80. [Your-ip-address] diganti dengan alamat IP BBB anda. Jika webserver aktif maka  akan muncul halaman Placeholder dari Lighttpd seperti berikut.

lighttpd placeholder - sonoku.com

Secara default letak “document root” dari placeholder berada pada folder /var/www/. File konfigurasi server dapat ditemukan di folder /etc/lighttpd/lighttpd.conf.

Instalasi PHP5

Untuk menginstal PHP5 pada BBB ketikkan perintah berikut.

apt-get install php5-cgi

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, selanjutnya mengaktifkan PHP5 pada Lighttpd dengan memodifikasi file /etc/php5/cgi/php.ini. Gunakan perintah

vi /etc/php5/cgi/php.ini

Arahkan kursor pada baris ke 754 dari file php.ini, kemudian uncomment/hapus tanda ‘ ; ‘ untuk mengaktifkan baris cgi.fix_pathinfo=1. Ketikkan ‘:x’ kemudian enter untuk keluar editor dan menyimpannya.

kemudian aktifkan modul FastCGI dengan perintah berikut, atau bisa edit file konfigurasi yang tersimpan di folder /etc/lighttpd/conf-available/10-fastcgi.conf.

lighttpd-enable-mod fastcgi
lighttpd-enable-mod fastcgi-php

Kemudian reload Lighttpd dengan perintah

/etc/init.d/lighttpd force-reload

 Test PHP5

Langkah ini melakukan test apakah PHP5 dapat bekerja pada Lighttpd, dengan membuat file .php sederhana untuk menampikan info dari php yang terinstal. Buatlah file info.php dengan menggunakan editor vi.

vi /var/www/info.php

install webserver lighttpd

setelah selesai, kemudian coba akses melalui browser misalnya dengan alamat http://192.168.7.2/info.php. Hasilnya akan seperti berikut.

Instalasi MySQL 5

Jika anda menginginkan dukungan database pada webserver anda, bisa gunakan MySQL 5. Cukup ketikkan perintah berikut, dan tunggu hingga proses selesai.

apt-get install mysql-server mysql-client

Anda akan diminta untuk memberikan password untuk akses “root” user.

install webserver lighttpd

Agar MySQL support dengan PHP, anda bisa menginstal paket modul php5-mysql.

apt-get install php5-mysql

Selanjutnya restart Lighttpd

/etc/init.d/lighttpd restart

Kemudian coba cek pada browser apakah MySQL sudah terinstal. -Selesai-

install webserver lighttpd

Leave a Reply